Konsultasi :

dr Hendryk Timur , MM MARS
ADHD - Centre

Ruko Diamond Blok DMD 3 No 58-59
Gading Serpong 15810
(Depan Pintu Masuk PHG)
Telp1 021-5460-270
Telp2 021-9797-7957
Fax    021-5460-585
Email: cs (@) adhd-centre.com

ADHD|Terapi Anak ADHD|Anak Hiperaktif|Anak Susah Konsentrasi|Anak Berkebutuhan Khusus|Anak Kesulitan Belajar

Indikator Kemajuan Pelatihan :
  • Tes TOVA
    (Alat Ukur Konsentrasi)
  • Kunjungan Sekolah
  • Laporan Harian Hasil
    Pelatihan

Tenaga Pengajar terdiri dari :
dokter, psikolog, konselor
psikologi, guru dan terapis

Pelatihan meliputi:
Attention
Memory
Cognitive
Behavioral
Edufeedback

Your Advantage:
Improved Focus
Improved Behaviors
Imroved Academics
Improved Social Interactions

 

Others:

www.concentrationfirst.com
www.concentrationcenter.com


Penanganan Anak ADHD / Hiperaktif

Penanganan Anak ADHD / Anak Hiperaktif
dr. Hendryk Timur MM, MARS

Penanganan Anak ADHD / Anak Hiperaktif meliputi; Pemberian obat (medication), Konseling (psychotherapy), Pendidikan atau Pelatihan (education or training) atau kombinasi dari treatment tersebut.

Obat yang diberikan untuk penderita ADHD biasanya golongan stimulant.  Sangat sedikit  obat golongan non stimulant untuk terapi ADHD.

Trade Name Generic Name Approved Age
Adderall amphetamine 3 and older
Adderall XR amphetamine (extended release) 6 and older
Concerta methylphenidate (long acting) 6 and older
Daytrana methylphenidate patch 6 and older
Desoxyn methamphetamine hydrochloride 6 and older
Dexedrine dextroamphetamine 6 and older
Dextrostat dextroamphetamine 6 and older
Focalin dextroamphetamine 6 and older
Focalin XR dexmethylphenidate (extended release) 3 and older
Metadate ER methylphenidate (extended release) 3 and older
Metadate CD methylphenidate (extended release) 6 and older
Methylin methylphenidate (oral solution and chewable tablets) 6 and older
Ritalin methylphenidate 6 and older
Ritalin SR methylphenidate (extended release) 6 and older
Ritalin LA methylphenidate (long acting) 6 and older
Strattera atomoxetine 6 and older
Vyvanse lisdexamfetamine dimesylate 6 and older

 

Memang sepertinya sedikit aneh memberikan stimulant kepada anak  namun pemberian obat dibawah pengawasan seorang ahli relative aman.  Namun pemberian obat untuk jangka panjang kiranya memerlukan pertimbangan yang matang mengingat efek samping yang ditimbulkan.  Efek samping yang sering dilaporkan adalah berkurangnya nafsu makan, tidak bisa tidur, kecemasan dan mudah tersinggung.  Beberapa anak mengalami sakit perut dan sakit kepala. Tahun 2007 FDA memperingatkan bahwa pemberian obat ADHD dapat menimbulkan gangguan jantung dan darah juga masalah kejiwaan.  Pemberian obat ADHD pada penderita kelainan jantung dapat menyebabkan stroke, serangan jantung dan kematian mendadak,  FDA menganjurkan pemberian obat ADHD harus memperhatikan riwayat kesehatan anak termasuk riwayat kesehatan keluarga dan pemeriksaan kesehatan jantung dan kesehatan jiwa anak.

 

Hal penting yang harus diperhatikan adalah pemberian obat tidak dapat menyembuhkan ADHD. Obat hanya mengontrol gejala yang timbul selama obat tersebut diminum.  Obat tidak dapat memberikan kesembuhan yang permanen.  Treatment  terpenting untuk penderita ADHD adalah dengan memberikan edukasi dan pelatihan (Edufeedback). Berdasarkan penelitian terbaru tentang otak, bahwa otak manusia akan selalu dapat beradaptasi dan berkembang terhadap rangsangan yang diberikan sepanjang hidupnya.  Teori ini disebut Neuroplastisitas.

 

Penulis berpendapat pemberian obat dapat dikombinasikan hanya pada kondisi-kondisi tertentu, namun terapi  yang mempunyai efek permanen adalah pelatihan.  Dalam hal ini peranan orang tua sangatlah penting.  Pelatihan edukasi yang tepat adalah pelatihan yang melatih perhatian (konsentrasi) anak agar selalu terpusat dan terkontrol sehingga anak dapat melakukan aktifitas sehari-hari dengan baik.  Concentration First memberikan pelatihan konsentrasi yang terpadu yang meliputi; Biofeedback, Neurofeedback dan Edufeedback disamping tips dan trick cara belajar.

Salah satu ciri yang khas pada anak ADHD selain Hiperaktifitasnya adalah pikiran yang selalu mengembara atau melompat-lompat. Saya menganalogikan pikiran anak ADHD ini seperti kuda liar yang belum dijinakkan.  Kunci utama dalam penanganan Anak ADHD / Anak Hiperaktif adalah memusatkan perhatiannya.  Dengan perhatian yang terpusat maka anak dapat mengontrol prilakunya baik hiperaktifitasnya maupun impulsifnya.

Penanganan selanjutnya adalah konseling.  Konseling terutama diberikan kepada orang tua dan anggota keluarga lainnya untuk menemukan cara yang lebih baik untuk menangani perilaku yang menggangu dan untuk mendorong perubahan perilaku.  Anak ADHD / Anak Hiperaktif membutuhkan bimbingan dan pemahaman dari orang tua dan guru, sehingga mereka dapat  mencapai potensi dan keberhasilan baik di rumah maupun di sekolah. 
Sebelum seorang anak terdiagnosa, perasaan frustasi, menyalahkan dan mungkin amarah telah terbangun dalam sebuah keluarga.  Untuk itu keterlibatan keluarga didalam konseling mempunyai peranan yang besar.

ADHD sangat berperan besar didalam pembentukan kepribadian seseorang. Di Amerika banyak orang menyesalli keterlambatan mereka mengetahui dirinya menderita ADHD.  ADHD membawa perkembangan jiwa yang buruk yang dapat berakibat fatal untuk karir dan masa depannya.

Di Amerika, Anak ADHD telah menjadi perhatian pemerintah. Bahkan pemerintah Amerika telah membuat satu perundangan (section 504) yang menjamin pembiayaan untuk pemulihan bagi setiap warganya yang mengalami kesulitan didalam belajar, dan ADHD salah satunya.

Berbagai penelitian yang mengkaitkan Anak ADHD pada dewasa dengan permasalahan sosial telah banyak dilakukan.  Dan telah disimpulkan bahwa ADHD sangat erat kaitannya dengan tingkat kecelakaan lalu lintas, perceraian, kriminalitas, penyalahgunaan alkohol dan obat-obatan.

ADHD tidak seperti gangguan mental lainnya yang sangat sulit dan nyaris mustahil untuk diobati.  ADHD sangat mungkin diobati, hanya saja memerlukan kesabaran dan keseriusan dari anak dan orang tua.

Practice Makes Perfect

ADHD Article :

ADHD, Anak ADHD, Anak Hiperakfif, Anak Susa Konsentrasi, Anak Berkebutuhan Khusus, Anak Kesulitan Belajar,  Terapi Anak ADHD, Terapi Anak Hiperakfif, Terapi Anak Susa Konsentrasi, Terapi Anak Berkebutuhan Khusus,Terapi  Anak Kesulitan Belajar, Anak ADHD, Anak Hiperakfif, Anak Susa Konsentrasi, Anak Berkebutuhan Khusus, Anak Kesulitan Belajar